Rendah Hati

Rendah Hati
Banyak orang berpikir bahwa sifat yang rendah hati, salah satu prinsip utama kepribadian yang menyenangkan, merupakan sifat yang negatif. Tetapi rendah hati sama sekali tidak negatif. Rendah hati merupakan sifat yang berkekuatan positif. Rendah hati merupakan kekuatan yang hisa Anda gunakan demi kebaikan Anda sendiri. Semua kemajuan manusia yang paling hebat—di bidang spiritual, kultural atau material—telah didasarkan atas prinsip rendah hati.
Rendah hati merupakan prasarat utama dalam filsafat / teologi agama Kristen sejati. Dengan sifat rendah hati, Gandhi berhasil membebaskan India untuk memperoleh kemerdekaan. Dan karena sifatnya yang rendah hati, Dr. Albert Schweitzer membantu menciptakan dunia yang lebih baik bagi orang-orang Afrika.
Rendah hati merupakan tipe kepribadian yang sangat penting. Anda memerlukan sifat rendah hati untuk meraih sukses, apapun tujuan Anda. Bahkan Anda akan menemukan bahwa sifat rendah hati menjadi semakin penting setelah Anda mencapai posisi puncak. Tanpa sifat rendah hati, Anda tidak akan mendapatkan kebijaksanaan, karena salah satu karakteristik paling penting dari manusia bijaksana adalah memiliki kemarnpuan untuk berkata, "Saya salah."
Tanpa sifat rendah hati, Anda tidak akan bisa menemukan apa yang saya sebut sebagai "benih keberuntungan yang setara" dalam menghadapi kesulitan atau kekalahan. Di dalam setlap masalah pasta ada cara untuk memecahkannya—bahkan untuk bertindak dengan lebih baik. Sebagai contoh, R.G. LeTourneau memulai bisnisnya sebagai operator garasi, gagal dalam bidang itu, LeTourneau memasuki bisnis di bidang kontrak. Dia bekerja sebagai sub-kontraktor proyek Hoover Dam dan tanpa diharapkan dia harus menangani bagian bebatuan keras. Karena kesulitan dan keterlambatannya dalam memindahkan batu-batu yang membandel membuat LeTourneau kehilangan semua apa yang ia miliki.
LeTourneau tidak menyalahkan orang lain atau menggerutu karena nasib buruk yang menimpanya. Dia juga tidak menyalahkan keadaan alam sebagai penyebab kegagalannya. Dia bertanggungjawab pada dirinya sendiri. Setelah kegagalan yang dialaminya, LeTourneau menemukan kedamaian di dalam doa. Saat dia berdoa meminta bimbingan, LeTourneau menemukan "benih keberuntungan yang setara" dari kegagalan yang pernah dialaminya. Dia memutuskan untuk memasuki bisnis yang memproduksi mesin untuk memindahkan segala jenis tanah dan batu.
Sebagai akibatnya, mesin pemindah tanah buatan LeTourneau sekarang dipakai di seluruh dunia. LeThourneau memiliki beberapa perusahaan menufaktur dan mengumpulkan kekayaan pribadi yang mencapai jutaan dolar. Tetapi cerita tentang kerendah-hatiannya tidak berhenti di sini. Untuk mengekspresikan rasa terima kasihnya atas semua bantuan yang telah dia terima dalam mengubah kekalahan menjadi kemenangan, LeTourneau memberikan sebagian besar dari penghasilannya untuk gereja, dan menggunakan sebagian besar waktunya untuk berkhotbah.
Kadang-kadang, sifat rendah hati mengubah kekalahan menjadi berkat rohani. Bertahun-tahun yang lelu, saya mengunjungi Lee Braxton, seorang pengusaha dan mantan walikota Whiteville, North Carolina. Pada hati itu Braxton menemukan bahwa dia telah menderita banyak kehilangan uang karena keteledoran teman bisnisnya yang sudah sepenuhnya dia percayai selama bertahun-tahun.
"Berapa banyak keberhasilan bisnis yang telah kamu bangun dan manajemeni?" tanya saya.
"Semua sekitar limabelas," kata Braxton, "termasuk First National Bank di Whiteville. Dan saya tidak pernah kehilangan sepeserpun dari bisnis-bisnis tersebut. Itulah sebabnya hal itu sangat melukai saya.
"Itu baik," kata saya padanya. "Karnu akan belajar bahwa kamu memiliki kekuatan yang sama di saat-saat kegagalan dan di saat-saat keberhasilan. Kekalahanmu merupakan berkat yang besar kalau membuat kamu diberkati dengan sifat yang rendah hati dan penuh rasa terima kasih atas semua kekayaan yang masih karnu miliki. Dengan cara demikian, kamu bisa menjadi lehih sukses dibanding sebelumnya,"
Wajah Braxton terangkat dengan sebuah senyuman gembira. "Itu benar," katanya. "Saya belum pernah berpikir dengan cara demikian."
Beberapa bulan kemudian, saya menerima surat dari Braxton. Dia mengatakan bahwa pendapatannya terus naik, sehingga mengkompensasi kerugian yang telah dia derita. Sifat rendah hati merupakan kekuatan positif yang tidak terbatas.

0 comments: