Bagaimana Seorang Memenangkan Promosi


Bagaimana Seorang Memenangkan Promosi
Carol Downes melepaskan pekerjaan seabgai akryawan teller bank. Kemudian dia bergabung dengan W.C. Durant, yang baru saja mendirikan perusahaan otomotif yang secara berangsur-angsur kemudian menjadi General Motor. Setelah berkerja selama enam bulan, Downes memutuskan bahwa sudah tiba waktunya bagi dia untuk mendapatkan promosi. Downes menghadap Durant dengan kuessioner yang menanyakan bagaimana Downes bisa meningkatkan pelayanannya kepada perusahaan, apa kesalahan dan kebaikan yang telah dia perbuat di dalam pekerjaannya. Akhirnya Downes bertanya, "Posisi lebih tinggi apa yang sesuai dengan kualifikasi saya sekarang ini?"
Durant bingung dengan begitu banyak pertanyaan yang diajukan dakan kuesioner Downes. Durant hanya menjawab pertanyaan terakhir. Durant menulis: "Anda di sini dipilih untuk mengawasi instalasi mesin-mesin dan peralatan-peralatan, tanpa ada janji untuk dipromosikan atau dinaikkan penghasilannya."
Durant juga memberikan gambar rancang biru yang memperlihatkan di mana mesin-mesin itu harus diinstalasikan. Kata Durant, "Inilah instruksi-instruksi yang harus Anda ikuti. Sekarang, saya ingin melihat apa yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan pekerjaannya."
Downes mengambil gambar rancang biru tersebut dan segera menemukan bahwa dia bahkan tidak mengerti maksud dari gambar itu, karena belum pernah belajar tentang teknik rekayasa. Di sinilah Downes memperlihatkan kualitas kepemimpinannya. Daripada harus mengakui bahwa dia telah mengambil terlalu banyak dibandingkan kemampuan yang dimilikinya, Downes pergi mencari orang yang bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Itulah esensi kepemimpinan.
Downes mengontrak konsultan teknik untuk mengawasi instalasi mesin-mesin di bawah pengarahannya dan dia membayar biaya konsultan teknik itu dengan uang miliknya sendiri. Ketika dia berjalan ke kantor Durant untuk melaporkan bahwa pekerjaannya telah selesai - seminggu sebelum batas waktu - Downes melewati sekelompok ruang kantor para eksekutif. Dia sangat terkejut ketika di salah satu ruangan dia membaca tertulis: CAROL DOWNES, DIREKTUR UTAMA.
Durant memberi tahu Downes bahwa dia dipromosikan untuk menduduki jabatan tersebut dengan gaji cukup tinggi karena memang sesuai dengan pekerjaannya.
"Ketika saya memberimu gambar rancang biru, saya tabu bahwa kamu tidak akan bisa membaca gambar tersebut," kata Durant. "Tetapi saya ingin melihat bagaimana kamu mengatasi situasinya. Akal pikiran yang kamu gunakan untuk menemukan seseorang yang bisa mengerjakannya menunjukkan bahwa kamu memiliki potensi menjadi eksekutir yang baik. Kalau kamu kembali dengan berbagai alasan dan bukan menyelesaikan pekerjaan tersebut, maka saya sudah memecatmu."
Downes kemudian menjadi jutawan (dolar). Saat terakhir kali saya bertemu dengannya, dia sudah pensiun, tetapi sesungguhnya dia melayani sebagai penasihat Southern Governors Association. Ternyata Downes masih bisa melangkah lebih jauh lagi dan banyak menikmati kehidupannya.

0 comments: