Kembangkan Visi Kreatif

Kembangkan Visi Kreatif
Anda memiliki dua macam kekuatan imajinasi yang dapat Anda manfaatkan. Pertama adalah imajinasi sintetis, yang terdiri dari beberapa kombinasi ide-ide, konsep, rencana, serta fakta yang sudah diketahui dan disusun dengan cara baru. Kedua adalah imajinasi kreatif. Imajinasi kreatif beroperasi dengan indera keenam dan berfungsi sebagai medium untuk menyatakan fakta-fakta dan ide-ide baru. Imaiinasi kreatif juga rnerupakan medium inspirasi.
Thomas Edison rnenggunakan imajinasi sintetis untuk menciptakan lampu listrik yang menyala terang dengan menggabungkan dua prinsip yang sudah sangat diketahui dengan cara baru. Jauh sebelum jaman Edison, sudah diketahul bahwa cahaya bisa dihasilkan dari listrik dengan cara mengalirkan energi listrik ke kabel dan membuat hubungan pendek. Tetapi tidak ada seorangpun yang menemukan cara untuk menemukan logam yang tidak habis terbakar begitu cepat.
Edison menggunakan prinsip yang diterapkan untuk menghaslikan arang. Caranya, dengan membakar kayu, kemudian ditutupi dengan merang sehingga hanya ada sedikit saja oksigen masuk, sehingga tetap membuat kayu membara tetapi tidak terbakar. Mengambil kesimpulan dari prinsip yang mengatakan bahwa tanpa oksigen tidak ada yang dapat terbakar, maka Edison menempatkan kabel ke dalam botol dan mengeluarkan udaranya. Kemudian dia mengalirkan listriknya pada kabel di dalam botol sehingga lahirlah bola lampu listrik yang menyala terang!
Dr. Elmer R. Gates dari Chevy Chase, Maryland, memberikan contoh yang baik tentang imajinasi kreatif. Gates menerima lehih banyak hak paten atas namanya dibandingkan Edison. Sebagian besar dari hasil-hasil ciptaannya disempurnakan dengan menerapkan indera keenamnya, yang dia kembangkan sampai tingkat yang tinggi.
Dengan mengunci dirinya di ruang kedap suara dan mematikan semua lampu, Dr. Gates berusaha menghilangkan semua gangguan sehingga dia bisa berkonsentrasi untuk mendapatkan informasi yang dia inginkan. Saat informasinya dia dapatkan melalui indera keenam, Dr. Gates menyalakan lampu dan segera menuliskan ide yang didapatkannya tersebut. Anehnya, kadang-kadang idenya muncul di saat dia tidak sedang rnencari ide, yang justru merupakan sumber dari sebagian besar penemuan-penemuan yang disempurnakan olehnya.
Lima indera fisik Anda menghubungkan dengan dunia fisik dan mengungkapkan sifat-sifat alamiah dan penggunaannya. Tetapi dengan indera keenam Anda, yang beroperasi melalui bagian pikiran bawah sadar, menghubungkan Anda dengan kekuatan-kekuatan alam semesta yang tak nampak. Indera keenam ini menyatakan pengetahuan yang tidak bisa Anda dapatkan dengan cara lain.
Indera keenam merupakan visi kreatif yang menjadi semakin bermanfaat kalau digunakan secara sistematik dan teratur-sama seperti cara kerja lima indera fisik. Manusia yang sangat sukses semuanya memiliki beberapa sistem untuk mengkondisikan pikiran mereka, beberapa orang melakukan hal ini tanpa menyadari apa yang sedang mereka lakukan.
Dengan menggunakan visi kreatif maka Hotel Fontainbleau yang mewah di Miami Beach didirikan.
Ben Novack, permilik hotel, datang ke Miami di tahun 1940 dengan hanya membawa delapan ratus dolar dan sebuah mimpi untuk memiliki hotel tempat peristirahatan yang akan terkenal di seluruh dunia karena kenyamanan dan relaksasi yang ditawarkan. Dengan memanajemeni secara hatl-hati sumber daya terbatas miliknya, yang dia manfaatkan untuk mengungkapkan mimpinya kepada pemberi modal, Novack mewujudkan visi kreatifnya. Dan dengan berkonsentrasi pada tujuannya yang spesifik, Novack mengubah mimpinya menjadi kenyataan.
Clarence Birdseye, seorang pemburu kulit di Labrador, pernah sekali menemukan beberapa kobis yang beku tanpa disengaja. Dari pengalamannya, Birdseye mendapatkan ide untuk menjual alat pendingin makanan yang menggunakan namanya.
Apakah Anda membuat mirnpi-mirnpi Anda bermanfaat dengan memakai visi kreatif, sama seperti Ben Novack dan Clarence Birdseye?
Metode yang sangat efektif untuk memanfaatkan indera ke enam adalah dengan menuliskannya sejelas mungkin deskripsi yang ringkas tentang masalah-masalah yang ingin Anda pecahkan, atau tuiuan yang ingin Anda raih. Ungkapkaniah kembali apa yang Anda tuliskan dalam bentuk doa. Doa Anda harus didasarkan pada iman yang kuat dan spesifik, sehingga Anda bisa membayangkan bahwa Anda sudah memiliki tujuan Anda.
Kalau pada awainya metode ini tidak memberikan hasil yang diinginkan, teruslah mencoba. Ekspresikan rasa terima kasih Anda seperti Anda sudah meraih tujuan Anda, meskipun Anda belum memilikinya secara fisik.
Kunci utama untuk meraih sukses tergantung pada kapasitas Anda untuk percaya bahwa Anda akan berhasil. Ingatlah, apapun yang dapat dipikirkan dan dipercayai oleh pikiran Anda, maka pikiran Anda dapat mewujudkannya

0 comments: