Miliki Keyakinan pada Diri Anda Sendiri

Gunakan Daya Tarik Pribadi Anda
Kalau Anda seperti kebanyakan orang, Anda tentu pernah berjumpa dengan individu-individu yang sangat menarik hati Anda sejak saat pertama kali bertemu, yaitu orang-orang yang langsung Anda terima sebagai teman dan jauh lebih dapat dipercaya dibandingkan rata-rata kenalan biasa. Kita semua memiliki daya tarik pribadi tertentu dalam beberapa tingkatan. Daya tarik beberapa orang melebihi yang lain.
Daya tarik pribadi nampaknya seperti warisan biologi yang menentukan jumlah perasaan emosional - seperti antusiasme, cinta kasih, dan sukacita - sehingga kita mampu mengeluarkan dan menerapkannya di dalam kata-kata dan perbuatan-perbuatan kita. Kita tidak bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas warisan ini, tetapi kita dapat mengenal dan mengarahkan daya tarik pribadi ini untuk meraih tujuan apapun yang kita inginkan. Dan di antara kita yang belajar untuk mengenal dan mengarahkan daya tarik pribadi ini seringnya menjadi pemimpin, pembangun, pelaksana, dan perintis yang membantu memajukan peradaban kita.
Meskipun ini merupakan kasus yang sering terjadi, tetapi bukan berarti hal ini merupakan kepastian. Sering kali terjadi bahwa orang yang tidak bertanggungjawab memiliki kekuasaan besar untuk mempengaruhi orang lain. Jadi, kita tituntut untuk menerapkan sikap yang lebih berhati-hati kalau menghadapi orang-orang tertentu sampai tahu betul apa maksud-maksud dan motivasi-motivasi mereka. Apa yang penting adalah bahwa Anda dapat memenfaatkan daya tarik pribadi Anda untuk meraih sukses. Dengan memanfaatkan daya tarik pribadi, Anda bisa mengadakan kerjasama yang saling menguntungkan dengan orang lain guna meraih tujuan-tujuan utama Anda.
Daya tarik pribadi pada prinsipnya diungkapkan melalui suara, mata, dan tangan - yaitu alat-alat utama yang kita miliki untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tetapi keadaan dan postur tubuh Anda memainkan peranan yang penting juga. Kata-kata yang dipakai mungkin sangat tidak berarti, tetapi nada suara, kekuatan dalam penyampaiannya, dan antusiasme yang disampaikan mungkin jauh lebih kuat dibandingkan logika dan retorika yang terkandung di dalamnya.
Karena itu, seseorang yang memiliki daya tarik pribadi di tingkat yang sangat tinggi mungkin tidak perlu mengatakan sepatah kata pun untuk menarik perhatian banyak orang kepadanya. Contoh dari tokoh terkemuka adalah Pendeta Billy Graham. Dia menarik jiwa-jiwa kepada Tuhan Pencipta hanya dengan gerakan tangannya, dengan pandangan matanya yang ekspresif, atau dengan kalimat-kalimat yang disuarakan dengan merdu. Franklin Roosevelt memiliki kekuatan yang sama terhadap orang lain di bidang politik. Tetapi saya perlu menunjukkan bahwa Hitler, Musolini dan karaktyer jahat lain di sepanjang sejarah juga menggunakan kekuatan yang sama. Berhati-hatilah terhadap mereka yang memanfaatkan daya tarik pribadi mereka untuk tujuan-tujuan yang merusak.
Anda dapat menggunakan kekuatan yang sama agar kekuatan ini bermanffat bagi Anda dengan belajar meradiasikan kepercayaan diri, kekuatan spiritual dan kewibawaan. Berusahalah untuk dengan sadar bertatap muka secara langsung dengan orang lain, salami tangan mereka dengan hangat dan mantap, berbicaralah dengan cara yang menyenangkan, pakailah nada dan volume yang pas dan warna suara yang mengesankan yang menangkap perhatian para pendengar Anda.
Hidupkan daya tarik pribadi Anda - lihatlah bagaimana hasilnya buat Anda!

0 comments: