Penampilan Diri


Penampilan Diri
Pertimbangkan kasua Joe Dull. Joe seorang pekerja keras, rajin, setia, tepat waktu, dapat dipercaya, dan cerdas. Dan memberikan waktu, usaha, dan energi yang lebih untuk perusahaannya. Nampaknya Joe cenderung akan meraih sukses.
Tetapi ternyata dia tidak sukses. Joe tidak pergi ke mana-mana. Orang lain yang dianggap kurang berkualitas justru mendapatkan promosi dan kenaikan pangkat. Faktanya adalah karena Joe kurang bisa menampilkan dirinya. Sederhananya adalah karena dia tidak pernah menarik perhatian orang-orang yang benar.
Apakah Anda seperti Joe? Kalau memang ya, kembangkanlah penampoilan diri Anda dan perhatikan betapa mudahnya bagi Anda untuk menaiki tangga keberhasilan. Tetapi sebelum Anda berkata, "Eureka, itu pasti! Itulah jawabannya!" Ingatlah kata-kata peringatan ini: bahwa ada perbedaan antara menampilkan diri dengan cara benar dibandingkan dengan cara-cara yang kurang jujur untuk menarik perhatian orang lain kepada diri Anda. Berlaku seperti penjilat, sebagai contoh, akan memberi Anda lebih banyak musuh dibandingkan teman. Begitu juga dengan perbuatan yang jelas-jelas menyombongkan diri. Penampilan diri yang benar siftanya kreatif. Penampilan diri ini, seperti yang ditunjukkan dalam istilahnya, berisi nilai-nilai tertentu. Menampilkan diri dengan cara benar membutuhkan akal budi dan rasa akan waktu yang tepat.
Sebagai contoh Bernard MacFadden, yang memiliki kemampuan untuk menampilkan diri, kadang-kadang ditunjukkannya dengan melakukan hal-hal yang aneh. MacFadden mendapatkan keuntungan berjuta-juta rupiah dengan menerjun payungkan pakaian dalam planel merah dari pesawat terbanga da dengan berjalan di Broadway dengan kaki telanjang untuk memciptakan permberitaan sensasional untuk perusahaan-perusahaannya.
Anda tidak perlu melakukan apa yang berlebihan. Kadang-kadang perhattian yang spesial pada kebaikan dan keramahtamahan orang lain bisa meraih tujuan yang sama.
Glenn. R. Fouche, bekas presiden Stayform Company, menceritakan pengalaman seoran gtemannya yang dipromosikan menjadi presiden perusahaan peralatan berat di Texas dengan menggunakan kemampuannya dalam menampilkan diri.
Seorang salesman muda, setelah untuk pertama kalinya berhasil menjual lift kecil, dia menulia usapan terimakasih kepada kepala departemen pengapalan karena telah tepat waktu dalam menyampaikan pesanan pada pembeli. Dia juga menulia ucapan terimakasih pada departemen pengecatan untuk mengucapkan betapa bangganya dia ketika melihat indahnya sat warna merah setelah lift itu dipasang. Sudah selama bertahun-tahunk, dia selalu menunjukkan kepada setiap anggota perusahaan bahwa betapa dia sangat menghargai pelayanan-pelayanan yang telah mereka berikan.
Dengan menghargai betapa bernilainya orang lain, dia menjadi manusia yang paling diahrgai di perusahaan itu!
Ingatlah bahwa penampilan diri yang benar harus mengikuti setiap tindakan yang positif. Penampilan diri dengan cara benar tidak pernah memukul atau mengecilkan jasa-jasa orang lain. Tidak seorangpun bisa menaiki tangga sukses tanpa bantuan orang lain. Juga, kalau Anda seperti si tua Joe Dull yang baik dan dapat dipercaya, Anda mungkin terlalu rendah diri atau terlalu pemalu dan berhenti mengajukan ide-ide Anda pada orang-orang yang benar. Kalau itu masalahnya, sampaikan ide-ide Anda secara tertulis. Menuliskan ide-ide Anda memastikan bahwa penghargaannya diberikan untuk orang yang tepat dan pada saat yang tepat.
Tetapi jangan menunggu. Mulailah sekarang juga untuk menggunakan penampilan diri sebagai alat untuk membangun keberhasilan Anda.

0 comments: