Leadership Antusiasme

Antusiasme
Ralph Waldo Emerson suatu hari berkata, "Tidak ada hal besar yang bisa ditaruh tanpa antusiasme."
Louis Victor Eytinge harus menjalani hukuman penjara seumur hidup di panjara pemerintah Arizona. Dia tidak memiliki teman, tidak didampingi ahli hukum, dan tidak memiliki uang. Tetapi dia ternyata memiliki antusiasme yang dia gunakan dengan begitu efektif sehingga dia bisa dibebaskan.
Eytinge menulis ke Remington Typewriter Company mengenai kasusnya dan meminta perusahaan itu untuk menjual sebuah mesin tik padanya secara kredit. Perusahaan itu memberi apa yang lebih baik dari apa yang dia minta. Perusahaan itu memberinya sebuah mesin tik.
Eytinge mulai menulis ke kantor-kantor bisnis untuk meminta naskah iklan penjualan mereka - dia menulis ulang naskah itu dan kemudian mengembalikannya kepada mereka. Tulisannya begitu efektif sehingga dia segera mendapatkan cukup banyak uang. Dari sumbangan sukarela, untuk mendapatkan ahli hukum yang membelanya. Sesungguhnya, pekerjaannya begitu baik sehingga menangkap perhatian seorang agen iklan besar di New York, dengan bantuan ahli hukumnya, dia mendapatkan pengampunan. Ketika dia berjalan keluar dari panjara, dia bertemu dengan kepala agen iklan yang menyambut dia dengan kata-kata: "Selamat Eytinge, antusiasme Anda telah terbukti lebih kuat dibandingkan dengan palang-palang besi penjara."
Agen itu sudah menyediakan pekerjaan untuknya.
Pengulangan yang terus menerus tidak membuat cacat pepatah lama yang mengatakan, "tidak ada yang lebih berkesan dibandingkan antusiasme." Antusiasme merupakan gelombang radio yang mentransmisi kepribadian Anda kepada orang lain. Antusiasme lebih kuat dibandingkan logika, pemikiran, atau retorika untuk menyampaikan ide-ide Anda dan untuk memenangkan pandangan Anda di hadapan orang lain.
Seorang manajer penjualan yang sukses mengatakan bahwa antusiasme adalah karakteristik tunggal yang merupakan hal terpenting bagi seorang salesman yang baik - asalkan antusiasme itu tulus dan langsung. "Kalau Anda berjabat tangan, tambahkanlah sesuatu yang ekstra dalam jabat tangan Anda sehingga membuat orang lain merasa bahwa Anda sungguh-sungguh bahagia bisa bertemu dengannya," kata manajer itu.
Kata-kata peringatan: Tidak ada tindakan yang lebih menggelikan dibandingkan antusiasme yang dibuat-buat, antusiasme yang terlalu bersemangat, terlalu banyak unjuk muka sehingga setiap orang bisa mengenalinya dan setiap orang tidak mempercayainya.
Contoh tentang bagaimana antusiasme Anda sendiri bisa membawa Anda untuk mendapatkan sukses besar diperlihatkan dalam kehidupan dan karir Jennings Randolph. Setelah tamat dari Salem College di Virginia Barat, Randolph memasuki dunia politik dan mengadakan kempanye yang begitu gigih sehingga dia diangkat oleh Kongres dengan mengalahkan oposisi yang lebih tua dan berpengalaman. Karena Randolph berhasil membujuk sesama wakil rakyat, Presiden Franklin D. Roosevelt memilih dia untuk memimpin pembuatan undang-undang berlaku khusus di mana perang melalui majelis.
Dalam sebuah survei tentang popularitas yang diadakan oleh sekelompok dosen dari Washington, Roosevelt dan Randolph dipilih tanpa tandingan sebagai orang yang memiliki kepribadian paling menyenangkan dalam memberikan pelayanan sebagai pemerintah pada waktu itu. Tetapi peringkat Randolph dalam hal popularitas berada di atas Presiden Roosevelt karena kapasitasnya yang mampu mempengaruhi orang lain dengan antusiasme tanpa batas. Setelah empat belas tahun mengabdikan diri di Kongres, Randolph memutuskan untuk menerima salah satu dari begitu banyak tawaran yang dia terima dari perusahaan swasta.
Randolph diangkat menjadi asisten presiden Capital Airlines pada saat operasi perusahaan itu dalam keadaan buruk. Dalam tempo dua tahun, Randolph berhasil membantu mengatasi krisis perusahaannya. Dengan menggunakan energi tanpa batas yang dia miliki, Randolph mengangkat pendapatan Capital Airlines ke posisi teratas dibandingkan perusahaan penerbangan lain.
Berbicara tentang kepribadian Randolph yang menyenangkan, presiden Capital Airlines berkomentar tentang Randolph: "Dia bertindak lebih dari hanya mencari gaji, bukan hanya dari pekerjaan sebenarnya yang dia tangani - tetapi khususnya lebih banyak berasal dari antusiasme yang dia inspirasikan kepada sesama anggota perusahaan."
Tidak seorangpun dilahirkan untuk menjadi seorang yang antusias. Antusiasme adalah karakteristik yang diusahakan. Anda juga bisa memiliki antusias. Ingatlah bahwa hampir di dalam semua hubungan antara manusia, Anda berusaha, katakanlah, menjual sesuatu kepada mereka. Hal ini berlaku dalam semua hubungan antar manusia, kecuali kalau hubungan itu hanya main-main. Pertama: yakinkan diri Anda tentang nilai manfaat dari ide Anda, produk Anda, dan pelayanan Anda - atau diri Anda sendiri. Pertimbangkan nilai manfaatnya - atau periksa diri Anda sendiri - secara kritis. Pelajari kelemahan-kelemahan dari apa yang akan Anda jual, dan segeralah menghilangkan kelemahan-kelemahan itu. Yakinkan sepenuhnya akan kebenaran produk-produk atau ide-ide Anda.
Persenjatai keyakinan yang Anda miliki, peliharalah kabiasaan berpikir yang positif, penuh energi dan semangat. Dengan demikian Anda akan menemukan bahwa antusiasme itu berkembang dengan sendirinya di dalam diri Anda. Lengkapilah dengan cincin kewibawaan yang tulus untuk menularkan antusiasme ini kepada orang lain.

0 comments: