Membantu Sesama Manusia


Membantu Sesama Manusia
Setiap manusia yang berhasil meraih prestasi puncak menerima dorongan yang bergarga dari orang lain di sepanjang jalan. Hukum sederhana tentang tindakan yang adil adalah agar kita memberikan tanggapan atas bantuan yang telah kita terima dengan membantu orang lain.
Sebagai contoh, awal keberhasilan dalam karir saya dimulai sejak Andrew Carnegie menyarankan agar saya mulai mengorganisasikan "Ilmu Sukses" sebagai filsafat pengetahuan yang spesifik. Carnegie juga membantu dan mendukung usaha saya secara aktif. Saya berharap bahwa dengan menularkan ilmu yang saya pelajari dalam riset selama hidup, maka saya melunasi hutang saya kepada Carnegie yang telah memberikan banyak bantuan sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.
Sesungguhnya, cara yang paling efektif untuk meraih sukses dalam hidup Anda adalah dengan membantu orang lain untuk meraih sukses mereka. Dan hampir setiap orang bisa membantu mereka yang kurang beruntung. Manusia yang meraih kesuksesan sejati adalah manusia yang bisa memberikan diri sendiri, waktu, dan tenaganya, untuk memberi keuntungan kepada orang lain. Dengan melakukan hal ini, dia memperkaya dirinya dalam cara yang jauh melebihi batasan.
Salah satu pengalaman terkaya yang dapat Anda nikmati adalah dengan menunjuk pada seseorang yang kurang beruntung tidak hanya akan membantu dia, tetapi juga menambahkan sesuatu yang tidak ternilai harganya untuk jiwa Anda sendiri - apakah dia mengetahui dan berterimakasih atas bantuan Anda atau tidak.
Sungguh merupakan fakta yang aneh bahwa sifat alamiah manusia adalah mencari perjuangan, apakah perjuangan itu untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Saya masih ingat bagaimana, di saat saya masih cukup muda, pikiran saya akhirnya bebas dari hutang. Saya membuang semua kewajiban. Saya sudah cukup puas - begitulah menurut saya. Tetapi setelah beberapa bulan kemudian, saya mulai kuatir. Dibutuhkan beberapa waktu untuk menyadari bahwa saya telah salah. Justru kenikmatan dari perjuangan itulah yang sebenarnya saya rindukan.
Hal ini tidak berarti bahwa saya harus membuang keberuntungan saya dan mulai dari awal lagi. Saya menemukan bahwa saya bisa menikmati banyak kesenangan dengan membantu orang lain untuk memenangkan perjuangan mereka, dengan memikul beberapa tanggung jawab mereka, dan dengan membuat jalan menuju sukses menjadi lebih mudah bagi mereka.
Pikirkanlah bagaimana dunia ini bisa berubah menjadi lebih baik kalau setiap orang dari kita mengadopsi orang lain untuk membantu mereka dalam mengarungi perjalanan hidup. Sebagai imbalannya, kita juga akan diadopsi dan menerima bantuan dari orang lain.
Membantu sesama manusia juga merupakan prinsip bisnis yang baik. John Wanamaker, raja bisnis eceran dari Philadelphia, pernah berkata bahwa kebiasaan yang paling menguntungkan adalah "memberikan pelayanan yang bermanfaat di saat yang tidak diharapkan."
Mungkin beberapa contoh berikut ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana cara-cara membantu sesama:
Ada seorang pedaganga di kota wilayah Timur yang sukses dalam membangun bisnis ecerannya hanya dengan proses yang sangat sederhana.
Karyawan-karyawannya sering mengecer meteran parkir di dekat toko. Kapan pun seorang karyawan melhat tanda "waktu parkir habis," maka dia memasukkan koin ke dalam meteran parkir itu dan menyelipkan catatan bahwa pemilik toko senanga untuk melindungi pengemudi dari ketidaknyamanan karena tiket parkir. Banyak pengendara sepeda motor yang mampir untuk berterima kasih atas jasa pemilik toko - dan mereka menjadi pelanggan tetap di sana.
Pemilik toko besar pakaian pria di Boston menyelipkan kartu yang tercetak rapi ke dalam saku setiap pakaian yang di jual. Kartu itu mengatakan pada pembeli bahwa kalau pembeli merasa puas dengan pakaiannya, maka pembeli bisa membawa kartu itu kembali setelah enam bulan dan menukarkannya dengan sebuah dasi. Sudah tentu para pembeli selalu kembali untuk menyatakan kepuasan mereka - dan ini merupakan prospek pembelian ulang yang baik.
Contoh lain adalah tentang Butler Stork, dengan rela dia memberikan pelayanan saat di penjara di Ohio State Penitentiary, sehingga masa hukumannya dikurangi dua puluh tahun. Stork mengorganisasikan kursus tertulis dan mengajar lebih dari sekitar 1000 orang yang tidak mampu tentang berbagai macam kursus dan menarik bayarannya kepada pemerintah. Bahkan dia membujuk International Correspondence School untuk agar mereka menyumbangkan buku-buku pelajaran. Rencana Stork begitu menarik perhatian sehingga sebagai imbalannya dia dibebaskan dari penjara.
Gunakanlah pikiran Anda selagi bekerja. Perhitungkan keahlian dan energi milik Anda. Siapakah yang memerlukan bantuan Anda? Bagaimana Anda dapat membantu mereka? Uang tidak diperlukan. Semua yang perlu dilakukan adalah memakai kecerdikan dan memiliki keinginan yang kuat untuk memberikan pelayanan yang berharga.
Membantu orang lain memecahkan masalah mereka juga akan membantu mereka untuk memecahkan masalah Anda.

0 comments: