Bekerjalah dengan Tim Anda

Bekerjalah dengan Tim Anda
Kerjasama merupakan hal yang fundamental di rumah Anda, dalam pekerjaan Anda, dan di dalam kehidupan sosial Anda. Kerjasama adalah kebutuhan absolut di dalam bentuk pemerintahan demokrasi dan sistem perdagangan bebas kita.
Ada dua macam kerjasama. Jenis pertama adalah kejasama yang didorong oleh rasa takut atau kebutuhan, jenis kedua adalah kerjasama yang berdasarkan kehendak bebas. Tim kerja sejati hanya dapat didapatkan dengan memiliki motivasi yang benar untuk mendorong kerjasama dan usaha yang saling menguntungkan.
Dalam beberapa dekade yang telah berlalu, sejak Andrew Carnegie menjadi kapten industri Amerika, tidak ada seorang pun yang benar-benar telah mengembangkan formula Carnegie untuk mendorong kerjasama tim. Sistemnya sederhana. Pertama: Carnegie menetapkan insentif keuangan melalui promosi-promosi dan bonus-bonus yang didesain agat sesuai dengan setiap jenis pelayanan yang dapat diberikan oleh masing-masing individu. Kedua: Carnegie tidak pernah memperingatkan karyawan manapun secara terbuka, tetapi membuat karyawan agar mereka memperingatkan diri mereka sendiri dengan cara mengajukan pertanyaan yang terarah secara hati-hati. Ketiga: Carnegie tidak pernah membuat keputusan-keputusan untuk para eksekutifnya. Dia mendorong agar mereka membuat keputusan-keputusan mereka sendiri dan bertanggungjawah atas hasil-hasil dari keputusan mereka.
Metode Carnegie mendorong prestasi setiap individu di dalam struktur tim karena dia pereaya bahwa sukses terbesar itu dapat diraih hanya melalui kerjasama tim. Ini berarti memberi kerjasama di samping menerima kerjasama. Pemimpin yang egois hanya mendapatkan sedikit kerjasama dari bawahan-bawahan mereka karena kerjasama itu sama seperti cinta kaslh yang harus diberikan oleh seseorang agar dia menerima kerjasama dari orang lain.
Kapten Eddie Rickenbacker menginspirasikan kerjasama tim selama dua kall terjadi perang dunia dalam pelayanannya di Angkatan Udara. Selama Perang Dunia I, Eddie pribadi telah menembak jatuh dua puluh pesawat terbang musuh. Dan selama Perang Dunia II, dengan contoh pribadinya, Eddie mendorong sekelompok manusia dirgantara untuk membentuk tim yang mampu menyelamatkan diri mereka sendiri di saat mereka hanyut di Lautan Pasifik di atas rakit terbuka selama hampir sebulan. Cara kerjasama tim Carnegie juga merupakan dasar untuk membangun Eastern Airlines.
William James, seorang filsut, pernah berkata, "Kalau Anda dapat mempengaruhi orang lain agar bekerjasama dengan Anda dalam suasana yang akrab, maka Anda akan bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan dengan hanya sedikit atau tidak ada hambatan." Sungguh merupakan pemyataan yang berani, tetapi memang benar kenyataannya demikian.
Kalau Anda mendalami jiwa yang dimiliki perusahaan besar dan berhasil, maka Anda akan menemukan bahwa setlap aktivitas merupakan kerjasama, yang diinspirasikan oleh atasan kepada hawahan. Kapanpun Anda memperhatikan tim olahraga yang menang, penghargaannya tidak hanya untuk satu orang. Sudah tentu pelatihlah yang memberi inspirasi kepada para pemainnya agar mendahulukan keberhasilan tim sebelum kemenangan pribadi. Knute Rockne dari Notre Dame menjadi legenda selama hidupnya karena kemampuannya yang menakjubkan dalam mendorong kerjasama.
Interpretasi yang tepat tentang motivasi mendorong kerjasama yang akrab harus memperhatikan Khotbah di Atas Bukit. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membentuk kerjasama saling menguntungkan dibandingkan dengan cara menerapkan Perintah Utama (The Golden Rule / Aturan Emas).
Perintah Utama, hukum yang bunyinya memerintahkan agar kita melakukan pada orang lain apa yang ingin agar orang lain melakukannya untuk kita juga memiliki aspek lawan yang negatif - yaitu hukum balas dendam. Hukum ini sangat dalam tertanan di dalam sifat alamiah manusia. Dengan hukum inilah, arti dari pesan Alkitah yang mengatakan, "Apapun yang ditanam oleh manusia, itu pula yang akan dia panen," menjadi sangat jelas. Karena memang benar bahwa apapun yang Anda lakukan atau berikan kepada orang lain, Anda telah melakukan atau memberikan untuk diri sendirl.
Bekerjasamalah dengan baik bersama tim Anda - maka tim Anda akan membawa Anda menuju sukses.

0 comments: