38 Berkat-berkat dari Kegagalan

Berkat-berkat dari Kegagalan
Kegagalan kadang-kadang menjadi berkat kalau kegagalan itu membelokkan seseorang dari tujuan yang perlu direnungkan dan akan berakibat memalukan atau bahkan merusak kalau tujuan itu berhasil diraih. Kegagalan rnernbuka pintu-pintu kesempatan haru yang rnemberikan pengetahuan langsung kepada seseorang tentang kenyataan hidup. Kegagalan rnemberitahu kelemahan-kelemahan dan mengobati kesombongan manusia yang sia-sia.
Tentara Inggris menderita kekalahan dan kegagalan saat Lord Cornwallis menyerah kepada Amerika, Inggris memberikan kemerdekaan kepada koloni-koloninya. Tanpa kebebasan, Amerika tidak akan bisa memiliki kekuatan untuk menyelamatkan Kerajaan Inggris dari kehancuran Perang Dunia I dan II.
Perang antar negara bagian membuat negara bagian Selatan jatuh miskin selama beberapa dasawarsa. Tetapi sekarang, hukum kompensasinya telah menyeimbangkan anggaran dari skor lama dengan memindahkan industri Utara ke Selatan dengan begitu cepat sehingga masyarakat menerima bunga berbunga dari hilangnya rasa bangga dan harta benda yang diakibatkan oleh perang.
Malaikat kompensasi telah banyak membantu dan memiliki ingatan yang sangat tajam, ditambah sistem akuntansi yang menakjubkan. Cepat atau lambat hutangnya harus dibayar dan semua kesalahan harus dibetulkan, baik di dalam seluruh masyarakat maupun di antara individu.
Saya merasa bahwa saya menderita kehilangan yang tidak dapat diperbaiki lagi saat nama saya tidak muncul di dalarn surat warisan kekayaan paman yang meninggalkan keberuntungannya kepada kerabat yang lebih dekat. Tetapi hal itu ternyata berubah menjadi banyak berkat besar yang saya terima melalui kekalahan dan kegagalan. Tidak menerima sepeserpun dari warisan itu memaksa saya untuk bekerja membentuk takdir ekonomi saya sendiri. Dan dengan melakukan hal ini saya beruntung telah menemukan cara untuk berhasil bagi orang lain di seluruh dunia.
Kegagalan dalam kesehatan jasmani kadang-kadang mengubah perhatian seseorang dari tubuh ke pikirannya, serta memperkenalkan "dia dengan bos" sejati dari tubuh jasmani, yaitu pikiran, yang membuka cakrawala kesempatan yang lebar. Kalau peristiwanya lain maka kesempatan ini tetap tidak pernah diketahui.
Kegagalan biasanya mempengaruhi orang dalam satu atau dua cara: kegagalan menantang seseorang untuk berusaha lebih keras, atau kegagalan mengalahkan dan mematahkan semangat mereka untuk mencoba lagi.
Mayoritas masyarakat berhenti berharap dan menyerah pada tanda-tanda pertama kegagalan, bahkan sebelum kegagalan itu terjadi pada diri mereka. Dan sebagaian besar menyerah saat mereka dikalahkan oleh satu kali kegagalan, meskipun itu kegagalan kecil. Pemimpin yang potensial tidak pernah menyerah kepada kegagalan, tetapi kegagalan itu justru memberi inspirasi untuk berusaha dengan lebih baik lagi.
Amatilah reaksi Anda terhadap kegagalan-kegagalan yang Anda alami, maka Anda akan mengetahui bahwa Anda memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. Kalau anda tetap mencoba setelah tiga kali mengalami kegagalan dalam usaha yang sedang Anda jalankan, Anda boleh mempertimbangkan diri Anda sebagi calon untuk berperan di bidang kepemimpinan dalam pekerjaan Anda sekarang ini. Kalau Anda bisa terus mencoba setelah terjadi kegagalan sebanyak dua belas kali, benih kejeniusan sedang tumbuh di dalam diri Anda. Terangilah dengan cahaya pengharapan dan iman, lalu amatilah pertumbuhannya menjadi sukses pribadi yang besar.
Nampaknya Alam sering memukul individu-individu dengan kesulitan dengan maksud untuk mengetahui siapa di antara mereka yang akan menyerah dan siapa yang akan berjuang lagi.
Dunia murah hati dalarn memberi kita pengampunan atas kesalahan-kesalahan dan kekalahan sementara, dengan syarat bahwa kita menerima kesalahan dan kekalahan itu sebagai tantangan untuk terus mencoba. Tetapi tidak ada pengampunan atas dosa menyerah saat terjadi kesulitan.

0 comments: