Leadership 03 Memotivasi Diri Anda Sendiri untuk Meraih Sukses

Memotivasi Diri Anda Sendiri untuk Meraih Sukses
Manfaat terbesar dari sukses adalah kepuasan-diri. Meskipun kita sering berasumsi bahwa akumulasi kekayaan merupakan satu-satunya tolak ukur sukses, tetapi sesungguhnya kekayaan itu hanya salah satu tolak ukur. Kekayaan memang salah satu tolak ukur yang penting, tetapi sukses sejati itu ditandai dengan kepuasan bahwa Anda telah menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik.
Einstein bisa kita ambil sebagai contoh. Dia tidak pernah mendapatkan kekayaan besar di sepanjang hidupnya. Tetapi dapatkah seseorang menyangkal bahwa dia tidak sukses? Einstein berhasil meraih posisi puncak dalam profesinya dan berhasil mengubah dunia karena dia mengetahui apa yang ingin dia kerjakan dan dia memiliki rencana untuk memenuhi keinginannya.
Bagaimana cara Anda memotivasi diri sendiri untuk meraih Sukses? Jawabannya tergantung pada apakah Anda mengerti metode yang sama seperti yang dimiliki Einstein dan mengikuti metode manusia yang telah meraih sukses yang luar biasa besar. Kembangkanlah semangat membara untuk mewujudkan keinginan Anda agar Anda dapat menetapkan dan meraih tujuan yang lebih besar untuk diri Anda sendiri. Ingatlah, ada perbedaan besar antara angan-angan belaka dibandingkan dengan keputusan yang spesifik tentang apa yang akan Anda miliki.
Sekali Anda memiliki semangat yang menyala-nyala, maka Anda akan mengembangkan tujuan yang intensif sehingga Anda mampu menyikat habis semua aral rintangan yang sebelumnya nampak tidak mungkin dilalui. Segala sesuatu itu mungkin bagi manusia yang percaya bahwa segala sesuatu itu mungkin.
Tetapkanlah tujuan hidup yang spesifik untuk diri Anda sendiri. Tulis tujuan itu. Hafalkan di luar kepala. Arahkan semua pikiran dan semua energi Anda untuk mengubah tujuan menjadi kenyataan. Daripada membiarkan kegagalan-kegagalan sementara menghalangai jalan Anda, carilah benih-benih manfaat yang sama nilainya sehingga Anda bisa kembali ke jalur semula untuk meraih tujuan Anda.
Saat Henry Ford mulai bekerja untuk menciptakan "kereta tanpa kuda" pertama, orang yang tidak memiliki pandangan luas - kebanyakan dari mereka justru saudara-saudara dan tetangga-tetangganya - menertawakan dia. Beberapa orang menyebut dia sebagai "penemu gila".
Gila atau tidak, Ford tahu apa yang dia inginkan - dan dia memiliki semangat menyala-nyala untuk mewujudkan keinginannya. Dia juga menolak untuk menerima batasan-batasan. Meskipun kurang mendapatkan pendidikan atau pelatihan formal di bidang mekanika, Ford bisa mendidik dirinya sendiri.
Ford telah mengubah wajah Amerika. Mobil-mobil yang dihasilkan dalam jumlah besar dari pabriknya membuat sarana transportasi mobil dapat dimiliki oleh kebanyakan keluarga dan membuka hubungan antar daerah. Seluruh industri otomotif terus tumbuh: tanpa "Tin Lizzie" Ford maka tidak akan pernah ada jaringan jalan-jalan besar (dan tidak ada pekerjaan di bidang konstruksi jalan), stasiun-stasiun pelayanan, restoran-restoran fast-food dan motel-motel.
Contoh lain yang sempurna diberikan oleh John Wanamaker yang mulai bekerja sebagai karyawan toko eceran di Philadelphia. Sejak awal Wanamaker sudah bertekad-bulat bahwa suatu hari dia akan memiliki toko yang mirip. Ketika dia memberitahukan hal ini pada bosnya, pemilik toko itu menertawakan dia dan berkata, "Yang benar aja John, kamu kan tidak memiliki cukup banyak uang untuk membeli persediaan pakaian ekstra?"
"Memang tidak," jawab Wanamaker. "Tetapi saya ingin memiliki toko seperti milikmu - atau bahkan yang lebih baik. Dan saya pasti berhasil." Di puncak kesuksesannya, Wanamaker memiliki salah satu bisnis eceran terbesar yang sangat terkenal di negerinya.
"Saya sedikit sekali mengenyam pendidikan sekolah," ungkap Wanamaker beberapa tahun kemudian. "Tetapi saya mendapatkan pendidikan yang saya perlukan sama seperti lokomotif terus memerlukan air - saya terus belajar sambil berusaha."
Ingatlah, dengan pikirannya manusia dapat mewujudkan apapun yang dapat dia angan-angankan dan dia yakini. Manusia yang bertekad untuk meraih sukses harus memulai dari di mana dia berada, memanfaatkan semua peralatan terbaik yang dia miliki dengan sebaik mungkin, dan mendapatkan apapun yang dia perlukan di sepanjang perjalanan. Mulailah dari di manapun Anda berada—hari ini juga.

0 comments: