Gunakan Inisiatif Anda

Gunakan Inisiatif Anda
Sulit untuk menemukan kebiasaan manusia yang lebih merusak dibandingkan penundaan - yaitu menunda sampai besok apa yang seharusnya sudah diselesaikan minggu lalu. Inisiatif pribadi merupakan satu-satunya obat untuk menghilangkan penundaan. Manusia yang berhasil adalah manusia yang berpikir dan bergerak berdasarkan inisiatif pribadi mereka. Ada dua macam tindkan, pertama adalah tindakan yang dipilih secara sukarela, kedua adalah tindakan yang diambil karena terpaksa melakukannya.
Kita hidup di negara yang penuh dengan hak-hak istimewa dan kebebasan pribadi yang tersedia bagi si kaya dan si miskin. Mungkin ini merupakan faktor paling penting dalam sistem perdagangan bebas kita.
Hak istimewa untuk memiliki inisiatif pribadi dianggap sangat penting sehingga secara spesifik dijamin dalam Konstitusi Amerika Serikat untuk setiap warga negara. Dan nilainya pun begitu berharga sehingga setiap bisnis yang dimanajemeni dengan baik memahami dan memberi imbalan yang memadai bagi individu-individu yang menggunakan inisiatif pribadi mereka untuk memajukan perusahaan.
Andrew Carnegie bekerja sebagai karyawan muda di sebuah kantor dalam divisi pengawasan umum Pennsylvania Railroad Company di Pittsburg. Suatu saat Carnegie datang ke kantor di pagi hari dan menemukan bahwa ada kerusakan jalan kereta api di luar kota. Carnegie berusaha keras untuk memberitahu pengawas umum melalui telepon tetapi sambungannya terputus.
Akhirnya, karena sangat mendesak, Carnegie melakukan sesuatu yang dia tahu akan mengakibatkan dia dikeluarkan secara otomatis karena tidak mentaati aturan-aturan perusahaan yang sangat ketat. Paham benar bahwa setiap menit-menit penundaan akan mengakibatkan kecelakaan kerata api, Carnegit memberikan instruksi pada kondektor untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memakai tanda tangan atas nama bos.
Beberapa jam kemudian pengawas umum datang ke kantornya. Dia menemukan permohonan berhenti bekerja milik Carnegie yang isinya menerangkan apa yang telah dia lakukan. Hari itu berlalu dan tidak ada sesuatu apapun yang terjadi. Esok harinya suart permohonan berhenti kerja dikembalikan pada Carnegie dengan disertai kata-kata "PERMOHONAN BERHENTI KERJA DITOLAK" yang tertulis dengan tinta merah di muka surat.
Beberapa hati kemudian bos Carnegie memanggil di ke kantor dan berkata, "Anak muda, ada dua macam manusia yang tidak pernah dapat maju atau berharga bagi siapapun. Pertama adalah menusia yang tidak bersedia melakukan apa yang diperintahkan padanya, dan kedua adalah manusia yang tidak bersedia melakukan pekerjaan apapun dengan lebih baik dibandingkan apa yang diperintahkan kepadanya." Dalam contoh ini, bos Carnegie menemukan bahwa dia lebih berharga dibandingkan peraturan-peraturan perusahaan.
Beberapa tahun yang lalu, kondisi kesehatan George Stefek, dari Chicago, membaik di rumah sakit veteran. Saat George terbaring di sana dia mendapatkan sebuah ide sederhana yang dapat ditemukan setiap orang. Tetapi yang penting adalah Stefek melaksanakan ide tersebut segera setelah di keluar dari rumah sakit. Ide ini memberi manfaat yang sangat berharga bagi Stefek.
Apa yang dilakukan Stefek adalah memanfaatkan ruang kosong pada kardus cucian yang digunakan untuk membuat kaku baju-baju yang telah mereka cuci. Stefek menjual iklan yang dituliskan pada kardus tersebut. Sebagai hasilnya, dia bisa menjual kardus-kardus tersebut tiga puluh persen lebih murah dan memberikan cara-cara untuk mendapatkan calon pembeli bagi pemasang iklan. George Stefek membangun American Shirtboard Advertising Company menjadi bisnis yang berjaya.
Clarence Saunders dari Memphis, Tennesse, melihat antrian panjang orang-orang yang bergiliran untuk melayani diri sendiri di dalam restoran yang disebut memakai cara baru - kafetaria. Dia melayangkan imajinasinya dan berhasil menemukan rencana untuk mengadaptasikan ide melayani diri sendiri atau 'self-service' ini di bidang bisnis eceran.
Saat dia menerangkan idenya pada salah seorang karyawan sebuth tokok eceran lokal, Saunders diperingatkan bahwa dia dibayar untuk membungkus dan memberikan barang yang dibutuhkan, dan bahwa dia tidak boleh memboroskan waktunya memikirkan ide-ide yang bodoh dan tidak praktis. Saunders melepaskan kerjanya dan mewujudkan rencananya dengan mendirikan Piggy Wiggly Stores. Saunders mengeruk keuntungan berjuta-juta dolar karena ide-idenya, dia pelopor supermarket modern masa kini.
Tuhan Pencipta memberikan kita kekuasaan absolut dalam kekuaran berpikir, tidak diragukan lagi bahwa sudah menjadi kehendakNya agar kita menggunakan hak prerogatif ini menurut inisiatif kita sendiri.
Alibi yang terlalu banyak dipakai oleh para penunda - "Saya tidak punya waktu" - mungkin telah menyebabkan lebih banyak kegagalan dibandingkan gabungan semua alibi lain. Manusia yang tetap maju dan menemukan jati diri mereka adalah manusia yang selalu memiliki waktu untuk bertindak atas dasar inisiatif mereka sendiri ke arah penting manapun guna mendapatkan kemajuan atau keberuntungan.

0 comments: