Dapatkan Pekerjaan yang Anda Inginkan

Dapatkan Pekerjaan yang Anda Inginkan
Pelayanan yang Anda berikan dalam pekerjaan sehari-hari merupakan komioditas yang harus Anda pasarkan untuk mendapatkan keuntungan terbaik. Tolong perhatikan bahwa saya tidak menulis "dengan kemungkinan gaji tertinggi." Pekerjaan terbaik yang ditawarkan pada Anda tidak selalu pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Pekerjaan-pekerjaan lain mungkin menawarkan kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan kemajuan, lebih memiliki kesempatan untuk belajar, mendapat pengalaman, dan menyiapkan diri Anda untuk posisi yang lebih tinggi.
Dalam mencari pekerjaan, usahakan untuk selalu memiliki pandangan jangka panjang. Carilah peluang-peluang yang lebih dibandingkan hanya mencari tunjangan untuk sekarang ini saja. Berikut ini cara seseorang yang mencari peluang dan bukan hanya menunggu peluang agar datang sendiri kepadanya.
Setelah tamat dari sekolah teknik di Timur, John Wesley Ashton memutuskan untuk memasarkan jasa-jasanya dengan memakai keahlian yang sama seperti seorang pengusaha memasarkan produk-produknya. Pertama-tama dia memutuskan apa posisi yang dia inginkan, dan berapa jumlah gaji yang ingin dia terima. Kemudian dia memasang iklan di semua koran harian sesuai dengan kemampuan keuangannya, yang bunyinya:
"Kepada Bpk. Eksekutif Puncak di bidang teknik:
Bersediakah Anda mengijinkan seorang tamatan sekolah teknik untuk mendemonstasikan bagaimnana dia bisa berharga buat Anda dengan cara bekerja tanpa digaji selama sebulan? Saya bisa memberikan loyalitas, dapat dipercaya, kesabaran, kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara harmonis, kekuatan antusiasme, kepribadian yang menyenangkan, tapat waktu, dan semangat yang pantang penyerah untuk terus belajar di saat bekerja, dan juga catatan prestasi akademik 'summa cum laude' di bidang teknik."
Iklan ini menarik perhatian lebih dari tiga ratus jawaban! Seorang eksekutif dari U.S. Steel menulis: Temui saya di kantor pusat kami di New York hari Rabu depan. Dan kalau Anda sebaik seperti yang Anda katakan, maka Anda boleh membawa tas Anda dan bersiap-siaplah untuk bersama saya mengunjungi salah satu pabrik kami."
Pendekatan Ashton memang unik, dan sudah pasti menarik perhatian. Penawaran dari Ashton untuk bekerja selama sebulan tanpa gaji merupakan tantangan bagi eksekutif bisnis. Hal ini membuktikan bahwa Ashton lebih tertarik untuk mendemonstrasikan apa yang dapat dia berikan dibanding apa yang dia minta dari pekerjaannya. Dan daftar karakter pribadi yang Ashton berikan tidak kedengaran sombong, tetapi mengatakan pada calon pemberi kerja apa yang ingin dia buktikan dalam jangka waktu sebulan bekerja secara gratis.
Dalam wasancaranya dengan eksekutif U.S. Steel, Ashton menyerahkan brosur yang diketik rapi dan bersampul kulit yang berisi data-data tentang dirinya: pendidikan, keanggotaan dalam organisasi pemerintah dan yayasan, hobi, kliping surat kabar tentang dirinya yang didapatkan dari jurnal kampus, dan data-data pribadi. Dia juga melampirkan foto terbaru dan daftar referensi.
Ashton mendapatkan pekerjaan yang dia inginkan dan dia tidak perlu bekerja selama sebulan tanpa gaji. Disepakati bahwa gajinya akan ditetapkan dengan perjanjian bersama pada akhir bulan setelah dia mendemonstrasikan kemampuannya. Meskipun demikian, John Wesley Ashton mengambil pekerjaan yang lebih rendah dibandingkan pekerjaan yang ditawarkan kepadanya oleh majikan lain karena dia menyadari bahwa dalam posisinya dia memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi yang tidak terbatas.
Kisah tentang cara pendekatan yang dilakukan Ashton harud menstimulasi kecerdikan Anda dalam melamar pekerjaan di bidang usaha apapun. Gunakanlah imajinasi Anda. Ajukan pertanyaan berikut ini pada diri sendiri: Bagaimana caranya agar saya bisa menarik perhatian eksekutif yang sibuk? Bagaimana cara menawarkan diri untuk mendemonstrasikan nilai pelayanan saya?
Pastikanlah bahwa Anda tidak berlebihan di dalam menawarkan diri. Jangan menjanjikan apa yang tidak mungkin dapat Anda penuhi. Tindakan yang berlebihan itu hanyalah dasar yang lemah untuk membangun karir. Tetapi, buatlah bos terkejut & senang setelah menemukan bahwa Anda memberikan lebih banyak dibandingkan dengan apa yang telah dijanjikan - tindakan ini bahkan bisa mengangkat diri Anda untuk menduduki posisi kepemimpinan.

0 comments: