Leadership 01 Tidak Ada Seorangpun yang Hanyut Terbawa Sukses


Leadership 01 Tidak Ada Seorangpun yang Hanyut Terbawa Sukses
Anda tidak perlu menjadi peramal masa depan atau dukun keberuntungan untuk bisa mempredikasi masa depan seseorang dengan mengajukan satu pertanyaan sederhana: "Apa tepatnya tujuan utama hidup Anda dan apa rencana-rencana yang Anda miliki untuk meraih tujuan tersebut?"
Kalau Anda mengajukan pertanyaan tersebut kepada beratus-ratus orang, sembilan puluh delapan persen dari mereka akan menjawab dengan kata-kata seperti, "Saya ingin hidup dengan baik dan meraih sukses sesuai dengan kemampuan saya." jawaban tersebut pada permukaannya kedengaran baik, tetapi kalau Anda mengalinya dengan lebih mendalam lagi, Anda akan menemukan seseorang yang hanyut dan tidak akan mendapat sesuatu apapun dari hidup ini. Orang demikian hanya akan mendapatkan sisa-sisa dari apa yang telah ditinggalkan oleh mereka yang sungguh-sungguh berhasil-mereka yang memiliki tujuan spesifik dan memiliki rencana untuk meraih tujuan tersebut.
Bertahun-tahun yang lalu saya bekerja dengan seorang sahabat bernama Stuart Austin Wier dari Dalas. Stuart adalah seorang kontributor artikel untuk majalah yang saya edit dan secara keuangan dia hanya berpenghasilan pas-pasan saja. Mungkin dia akan tetap menjadi penulis yang kelaparan kalau cerita yang dia tulis tentang seorang penemu tidak mendadak memberinya inspirasi untuk mengubah hidupnya.
Sungguh sangat mengejutkan mereka yang kenal dengan Stuart, dia mengumunkan bahwa dia berhenti menjadi wartawan dan masuk sekolah lagi untuk menjadi pengacara paten, dia akan menjadi "pengacara paten yang top di Amerika Serikat." Stuart bertindak dengan penuh semangat untuk mewujudkan rencananya sehingga dia berhasil menyelesaikan sekolah hukum dalam waktu singkat.
Saat Stuart mulai berpraktek, dia sengaja mencari kasus-kasus yang paling sulit. Dengan cepat reputasinya menyebar ke penjuru negara dan kebutuhan akan pelayanannya begitu tinggi, sehingga meskinpun tarif pelayanannya mencapai tingkat yang melangit, dia lebih banyak menolak dibandingkan menerima klien.
Manusia yang bertindak dengan tujuan dan rencana mengundang banyak kesempatan. Bagaimanakah hidup dapat memberikan sesuatu untuk diri Anda kalau Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan untuk diri sendiri? Hanya dengan memeliki rencana yang spesifiklah maka Anda mampu mengatasi kekalahan dan kesulitan yang menghalangi jalan Anda.
Salah satu pemilik franchise Amerika yang paling awal dan paling berhasil adalah Lee Maranz, seseorang yang mengetahui apa yang dia inginkan dan bagaimana mendapatkannya. Sebagai insinyur mekanik, Maranz menemukan pembeku es krim otomatis yang bisa untuk membuat es krim lembut. Visi Maranz adalah pemilik toko es krim yang tersebar dari pantai ke pantai dan dia membuat rencana-rencana untuk mengubah impiannya menjadi kenyataan.
Maranz, sama seperti banyak orang lain, membangun keberhasilannya dengan membantu orang lain meraih tujuan mereka. Dia membantu orang lain mendirikan toko es krim dengan membangun konstruksi dan mendesain rencana-rencananya, ini ide yang revolusioner pada waktu itu . Maranz menjual mesin es krim dengan susah payah dan mengeruk keuntungan dari penjualan es krim campuran. Hasilnya? Maranz berhasil mewujudkan tekad dengan mendirikan cabang-cabang toko di seluruh penjuru negeri.
"Milikilah keyakinan yang kuat pada diri Anda sendiri, yakin pada apa yang Anda lakukan, dan yakin pada apa yang Anda lakukan, maka tidak akan ada hambatan yang terlalu sulit untuk disingkirkan." kata Maranz.
Kalau Anda ingin meraih sukses, berusahalah agar hari ini juga Anda berhenti terhanyut. Tetapkan tujuan yang spesifik. Tuliskan tujuan tersebut. Hafalkan di dalam ingatan. Ambillah keputusan spesifik tentang apa rencana-rencana Anda untuk meraihnya. Kemudian mulailah segera menerapkan rencana tersebut ke dalam tindakan.
Masa depan Anda diciptakan oleh diri Anda sendiri. Ambillah keputusan sekarang juga untuk membentuk masa depan Anda.

0 comments: