Promosikanlah kepada Diri Anda Sendiri

Promosikanlah kepada Diri Anda Sendiri
Apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya sungguh sangat penting. Orang lain menilai kosakata yang kita pakai, menilai cara kita berbicara, menilai cara kita menyampaikan ide-ide dan pemikiran-pemikiran kita. Bagaimana kita menampilkan diri kita seringnya memiliki kesan yang sama atau lebih besar pada orang lain dan diri sendiri dibandingkan dengan apa yang kita katakan. Bagaimana pandangan orang lain tentang diri kita dan bagaimana pandangan diri kita tentang diri kita sendiri, kedua-duanya sangat penting untuk meraih tingkat keherhasilan yang kita inginkan.
Salah satu salesman yang paling berhasil di Amerika membawa satu set peralatan golf mahal yang tersimpan di bagasi mobilnya. Di sepanjang hidupnya, dia belum pernah sekalipun mengayunkan tongkat golf. Tetapi Anda akan terkejut setelah mengetahui betapa efektifnya dia menggunakan tongkat-tongkat golf itu untuk menghancurkan setiap hambatan yang menghalangi dia untuk memenangkan transaksi penjualan.
Tanpa perlu mengatakannya, dia menimbulkan kesan bahwa dia sangat berhasil sehingga menggunakan banyak waktu untuk bermain golf. Kalau dia diundang untuk mengikuti pertandingan, dia selalu minta maaf karena sebelumnya telah berjanji dengan "Vandermorgans atau Rockerbilts." Dia tidak pernah membiarkan dirinya untuk dipojokkan agar bersedia bertanding. Kalau dia berhasil dipojokkan, maka dia akan tenggelam.
Tipu daya? Kelicikan? Salah melukiskan? Tidak! Dia adalah orang yang paling berhasil di bidangnya. Untuk menjual dengan berhasil, dia harus membangkitkan rasa egonya, tentu tidak melukai siapa pun. Dan dia berhasil menjual peralatannya golfnya!
Secara pribadi, saya tidak pernah merasakan kepentingan yang rnendesak untuk membangkit-bangkitkan rasa ego terhadap hal-hal tertentu, mungkin Anda juga belum. Tetapi kalau saya memang merasa seperti itu, saya akan melakukan tindakan berlebihan apapun yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Mungkin saya bisa melakukan apa yang lebih baik dibandingkan salesman itu.
Saya telah menemukan bahwa untuk menghadapi beribu-ribu pria dan wanita yang berada di berbagai macam kemungkinan jalan hidup, kenyataannya adalah ego manusia itu merupakan hal yang perlu disiasati dan harus dipengaruhi dengan berbagai cara yang cerdik, semestinya dengan cara yang sesuai dengan sifat alamiah pemiliknya serta sesuai dengan pengalaman masa lampau dia.
Saya akan menjadi orang terakhir di dunia ini yang menyarankan bahwa setiap orang boleh merencanakan tipu daya untuk melukai orang lain atau untuk menarik rnanfaat dari siapapun dan dengan cara yang bagaimanapun. Tetapi, saya akan menjadi orang pertama yang membantu orang-orang tertentu agar menyiasati ego mereka sendiri untuk membebaskan dari masalah ketakutan dan kemiskinan yang begitu kompleks dan menimpa banyak orang.
Salah satu murid saya—seorang salesman asuransi jiwa—memakai cincin berlian delapan karat yang membantu dia seperti tongkat sulap ajaib untuk mendapatkan pembeli potensial. Dia adalah salah satu dari orang yang paling produktif di perusahaan asuransi jiwa bersama.
Beberapa waktu yang lalu, dia membawa berliannya ke ahli berlian untuk dipasang ke cincin yang baru. Pekerjaan ini membutuhkan waktu beberapa hari. Selama waktu ini, salesman ini bekerja sama kerasnya seperti biasa, tetapi dia gagal untuk menjual asuransinya. Dia katakan bahwa kalau dia mulai berbicara dengan pembeli prospektif, dia akan melihat jarinya yang tidak bercincin. dan sesuatu di dalam dirinya nampak seperti berkata, "Dia tidak akan membeli asuransinya, dia tidak akan membeli."
Suara kecil itu terbukti benar. Tidak akan terjadi transaksi penjualan. Dan segera setelah dia mengambil cincin berliannya kembali, salesman ini menerima enam permintaan asuransi dari enam orang yang dia wawancarai saat cincinnya masih diperbaiki!
Sekarang, bagi diri saya sendiri, kalau saya berada di depan umum dengan memakai cicin berlian delapan karat di jari tangan saya, saya akan merasa begitu penuh kesadaran diri sehingga saya mencurigai bahwa ego saya akan membuat saya merasa rendah diri, bukan menguatkan saya untuk bertindak dengan lebih baik. Tetapi saya menyarankan agar setiap orang menstimulasi mental mereka dengan alat yang dapat membangkitkan ego, sama seperti yang dilakukan teman saya yang bekerja di bidang asuransi.
Salah satu metode yang sangat efektif untuk membangkitkan ego Anda adalah dengan memilih beberapa orang sebagai "pesaing," orang yang keberhasilannya ingin Anda saingi atau lebihi. Dan setiap orang perlu membangkitkan ego mereka. Gunakanlah orang tersebut sebagai tolak ukur untuk memulai keberhasilan Anda sendiri.
Patner pernikahan Anda bisa menjadi pembangkit ego yang kuat agar hubungan Anda tetap harmonis dan sejalan dalam tujuan. Kekuatan kerjasama tertentu bisa menciptakan kekuatan yang mendorong Anda untuk berhasil dengan kecepatan yang jauh leblh tinggi dibandingkan apa yang Anda bayangkan.
Teman sekantor Anda bisa memberikan ego menakjubkan "yang senantiasa menyertai" kalau Anda bergabung dengan orang yang bertingkah-laku benar. Pastikan bahwa orang-orang di sekitar Anda mendorong dan mengangkat Anda, jangan bergaul dengan orang yang memojokkan dan merendahkan diri Anda.
Ego Anda perlu didorong dengan teratur. Gunakanlah kiat yang bisa memotivasi diri Anda. Kalau Anda memerlukan perhiasan untuk memotivasi diri Anda, maka belilah. Asalkah apa yang Anda lakukan tidak melukai siapapun dan bermanfaat buat Anda, maka hal itu merupakan hal yang benar untuk dilakukan. Kalau Anda merasa enak kepada diri sendirl, maka hal ini akan nampak oleh setiap orang yang Anda temui. Dan ingatlah, orang berikutnya yang akan Anda temui mungkin orang yang dapat memberikan dorongan yang kuat untuk menaiki tangga sukses.

0 comments: